Kamis, 03 Desember 2009

TIPs Buat Pemula yang cari Vespa















Kalo dilihat dari kacamata orang umum, Vespa termasuk motor yg dikategorikan dalam jenis motor yang kurang berharga . Tetapi jika kita perhatikan lebih dalam lagi ternyata ada sesuatu hal yang tidak bisa kita ungkapkan yang membuat motor ini mempunyai nilai lebih dibandingkan motor - motor lainnya.
Disini saya bukan ingin menggurui para pembaca, cuma ingin berbagi pengalaman ketika ingin membeli Motor Antik yang kita kenal dengan sebutan VESPA. Disini saya sebagai pemula awalnya merasa beli vespa tuh murah, tetapi ketika membangun terasa mahal, itu karena saya kurang paham dan mengerti tentang VESPA. ada beberapa hal yang ingin saya bagikan kepada para pembaca mengenai hal hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli vespa dengan cost after belinya yang tidak banyak:
  1. Kenali jenis Vespa apa yang akan dibeli. Karena saya baru kenal dunia vespa ini baru 3 bulan. saya hanya mengenal beberapa jenis saja, umumnya orang cari Vespa yang tahun 75 atau tahun 60an dan kebetulan saya beli yang tahun 75 karena paling murah diantara yang lainnya. ( bahannya sekitar 600 ribuan - 1 jutaan )
  2. Pastikan mesinnya sehat.
  3. Pastikan calon motor yang kita beli 90 persen masih ori ( Ajak orang yang berpengalaman akan Vespa), karena jika kita beli barang tapi bodi ga original ketika di jual kepada orang yang ngerti tentang Vespa, harga motor kita bisa jatuh.
  4. Pastikan Surat - Suratnya lengkap ( BPKB + STNK )
  5. Cek No rangka mesin dan bodi apa sesuai dengan STNK
  6. Satu lagi hal yang mesti diperhatikan kita lihat bagian bawah motor. biasa kita menyebutnya dek. kita pastikan motor yang kita beli memiliki dek yang baik alias tidak keropos.. untuk mengganti dek tersebut biaya yang kita keluarkan cukup banyak sekitar 300 ribuan - 400 ribuan.. Kalo mao murah langsung aja dateng ke tukang lasnya jangan langsung lari ke bengkel. ( Potong rantai pasar )
Saran saya sih sebaiknya kita ikut ke dalam suatu CLUB vespa. Disana ada beberapa orang yang biasanya menyalurkan motor2 VESPA (makelar) yang biasanya tidak begitu memungut biaya.

Moga2 tips ini berguna buat para pembaca. Trims......

1 komentar: